Pekerja Kata

Sebab kata adalah karya

Kamus untuk Lajang Galau :)

RESENSI BUKU PENDOBRAK BELENGGU KEGALAUAN “HIGH QUALITY JOMBLO”

 

Oleh Khielda Ar-rofiq

Judul buku : Kamus High Quality Jomblo (For Men)
Penulis : Nursalam AR
Penerbit : Indie Pro Publishing
Tahun Terbit: 2011
Cetakan : I
Tebal : 108 halaman

Buku Kamus High Quality Jomblo adalah sebuah buku mengenai metode dan wawasan seputar argumen dan panduan bagi seorang lelaki yang ingin menyudahi masa lajangnya. Melalui keterbatasan jumlah halamannya, buku ini mampu menyuguhkan model perenungan hukum menikah dilihat dari berbagai sudut pandang. Buku yang merupakan pendobrak kegalauan hasil karangan Nursalam AR, seorang penulis yang telah sukses menghasilkan karya melalui deskripsi rangkaian alasan dan panduan menjadi pribadi muslim fitrah yang sesungguhnya. Penulis berhasil mengajak pembaca menganalogikan bahasanya dengan fakta dan realita yang dialami oleh masyarakat umumnya saat ini. Ia bahkan mendeskripsikan segala sesuatunya dengan mengkompilasikan prasyarat pernikahan melalui logika ataupun realita bahkan solusi dari sebuah ilusi. Karya yang ia persembahkan ini menggambarkan sisi potret beberapa fenomenan melajang secara apik dan mendalam.

Melalui perbendaharaan kata, buku ini mengupas beberapa pendapat para ahli dan ilmuwan dari segala tinjauan baik religi, sosial, kultural dan lainnya yang dikemas dengan bahasa sederhana. Buku ini merupakan karya yang memberikan inspirasi dilihat dari kenyataan yang ada akan perspektif seseorang dalam mencapai tujuan separuh agamanya. Saatnya mengubah pola pikir dalam berkecimpung di dunia khayal menuju rumah tangga yang diridhoi Ilaahi. Didalamnya dijelaskan bahwa tujuan utama menikah adalah mengikuti sunnah Rasul. Sampai nikmat dalam meraih kebahagiaan dunia dan akhirat-Nya akan terasa sebagai suatu kenyataan.

Banyak hal yang perlu disadari bahwa jika masih merasa belum mampu menuju jenjang pernikahan dan melepaskan masa lajang, maka sesegera mungkin perlu disadari bahwa pemahaman akan persiapan menikah selama ini masih belum tercapai. Buku yang penuh inspiratif dan komplit dengan realita dan solutif ini menjelaskan bahwa tujuan yang perlu dicapai adalah suatu cara kemudahan hidup, menciptakan hidup yang terarah, memilih proses melepas masa lajang yang benar dan memiliki daya tahan yang kuat ketika hambatan menghadang dalam kehidupan rumah tangga nantinya. Fokus dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi semua masalah akan lebih baik jika tujuan terbesar dan hakiki tersebut telah dimiliki.

Buku ini cocok untuk dikonsumsi segala kalangan dan lapisan, baik kaum muda yang ingin mencari pencerahan alasan menyegerakan dilangsungkannya pernikahan, ataupun orang tua sebagai masyarakat umum yang menginginkan wawasan obyektif melalui perizinan untuk segera menikahkan putra dan putrinya.

Buku ini sangat inspiratif, mengalir bersama desiran bacaan isi bukunya. Buku ini menceritakan suatu fenomena masyarakat dalam menjalani masa lajangnya. Proses dan cara memilih pasangan hidup yang baik serta cara menghadapi berbagai masalah dalam emnghadapi tipe dan karakter seorang pasangan juga dikupas habis di dalamnya. Buku ini mampu mendobrak dan membongkar tuntas alasan dan pedoman menjadi Jombo-Jomblo yang berkualitas namun siap melepas masa lajangnya dengan tata cara yang disunnahkan Rasul.

Penulis memaparkan bagaimana sosok laki-laki yang diharapkan seorang wanita sebagai pasangannya secara gamblang. Buku ini adalah sebuah gebrakan dan pendobrak sistem yang mematahkan belenggu tradisional dan kebiasaan masyarakat sehingga menyebabkan sulitnya pernikahan itu dilaksanakan. Penulis tak hanya mencoba berteori, namun mencoba mengaplikasikannya dalam sebuah cerita, pemaparan dan kesaksian para jomblowan untuk mengetahui keberagaman karakter yang mereka alami dan cara yang telah mereka tempuh.

Seperti hal lainnya, dibalik kesesuaian dan kelebihan, maka patutlah dikatakan tak ada gading yang tak retak. Buku ini membutuhkan pemahaman pola bahasa yang secara tidak langsung memaksa cara berpikir kreatif dan imajinatif bagi para pembacanya. Pemikiran yang masih bersifat konvensional dapat menjadi hambatan dalam membaca kata demi kata buku ini. Akan tetapi, tentunya bukanlah suatu hambatan jika membacanya diiringi pemahaman sesungguhnya. Selain memberikan pengetahuan, buku ini juga memberikan berbagai pengalaman dan perbandingan pola pikir para jombowan dan jomblowati dalam menciptakan satu perspektif tahapan pernikahan yang lebih islami dan religi.

Sumber: Blog Khielda Ar-rofiq

Kamus High Quality Jomblo juga dapat dipesan di sini atau via email (surel) ke salam.translator@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: