Pekerja Kata

Sebab kata adalah karya

Hidup dan Rahasianya

Menurut lagu rakyat suku Swahili, suku terbesar di Afrika, hidup adalah perjuangan. Kalah menang adalah urusan Tuhan. Sementara, kata almarhum W.S. Rendra, perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Dan, Pramoedya Ananta Toer menambahkan, kata-kata adalah ibarat tanah lempung, yang bisa dibentuk sesuka hati, bisa mengeras dan melembut.

Kesimpulannya, hidup itu bisa kita bentuk sesuka hati, karena hanya ada empat misteri Ilahi dalam hidup ini: kematian, jodoh, rejeki dan kelahiran.Sisanya bergantung pada upaya aktif manusia sendiri, dengan tidak menafikan peran sang Causa Prima dalam semesta ini. Karena, Bung Karno menegaskan sebagaimana perintah Al Qur’an, takkan berubah nasib suatu bangsa tanpa bangsa itu mengubah nasibnya sendiri. Jika ingin mengubah nasib sendiri maka mulailah dengan mengubah apa yang ada pada diri sendiri. Karena hukum kausalitas atau sebab-akibat itu sesungguhnya adil.

Sesungguhnya, seperti pepatah Minang, alam terbentang menjadi guru. Tinggal saja kita yang harus membacainya. Hanya saja terkadang kita terlalu malu atau lugu untuk berguru darinya

Setujukah engkau, Kawan?

Jakarta, 16 Maret 2012

Sumber foto: Blog Fandy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: