Pekerja Kata

Sebab kata adalah karya

It’s All in Your Mind


Di antara jejalan kendaraan-kendaraan di jalan protokol Jakarta, terselip sebuah metromini merah tua. Ia merayap. Dan tersendat. Merayap. Dan tersendat. Demikian berulang-ulang sejak sejam sebelumnya. Rasanya aku mulai curiga jangan-jangan metromini ini reinkarnasi dari sang keong dalam dongeng legendaris kelinci melawan keong. Entahlah reinkarnasi yang keberapakalinya. Dan aku beserta belasan penumpang lainnya berada di dalamnya. Tepekur menatapi kemacetan pagi khas ibukota ini. Entah kapan sang ahli yang kini sang gubernur DKI Jakarta petahana (incumbent) beraksi memberesi kemacetan kota ini seperti janji kampanye bombastisnya lima tahun lalu. Atau ia juga bingung bagaimana menepati janji-janjinya sendiri.

Asap knalpot mengepul, membumbung ke udara. Andai ada kain putih panjang mahalebar melingkupi sepotong jalan protokol sepanjang 1 kilometer ini niscaya warnanya akan berubah melegam karenanya.

Aku ikuti segumpalan asap hitam yang terlepas ke udara. Tiba-tiba aku lihat seakan ia berbentuk seorang tua yang tersenyum dan berkata bijak,”Ini semua di luar kendalimu, Nak. Hanya yang ada pada diri dan pikiranmu yang dapat kamu kuasai.”

Yup, it’s all in your mind, semuanya ada di pikiran kita! Ketimbang merutuki kemacetan yang entah sudah jadi takdir kota ini atau menyumpah-nyumpahi penguasa hingga kering ludah kita, cukup tarik nafas panjang, bentangkan garis senyuman di bibir dan berikan senyuman terbaik dari hati yang nrimo. Dan bisikkan dengan nada mesra,”Inilah Jakarta, Kotaku Tercinta…”

Aku pun ambil buku dari dalam tas, dan asyik mencumbuinya hingga terdengar suara kondektur, yang rasanya berubah menjadi suara terindah di dunia,”Dukuh Atas! Dukuh Atas!”

Alhamdulillah, pagi itu aku taklukkan kemacetan Jakarta. Dengan caraku sendiri tentu saja. Yup, it’s all in your mind!

Dukuh Atas, 24 Agustus 2010
– saat langkah turun menjadi langkah kemenangan –

Sumber ilustrasi: Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: