Pekerja Kata

Sebab kata adalah karya

Resensi Buku “Kamus High Quality Jomblo” (for men)

RESENSI BUKU “KAMUS HIGH QUALITY JOMBLO (FOR MEN)” KARYA NURSALAM AR
Oleh: Muhammad Trimanto*)

M. Trimanto, mantan ketua FLP Depok dan kini Humas FLP Wilayah Jakarta RayaJudul : Kamus High Quality Jomblo (for Men)
Penulis : Nursalam AR
Penerbit : Indie Pro Publishing-Depok
Genre : Remaja Populer (Islami)
Tahun Terbit : Agustus 2011
ISBN : 978-602-9142-26-2
Tebal : xii + 108 hal, uk. (14,8 x 21) cm
Harga: Rp. 35.000 (di luar ongkos kirim)

Membaca buku ini seperti membaca kamus pria lajang. Berbagai hal, seluk-beluk dan detil pria lajang akan Anda temukan di sini. Walau dengan jumlah halaman yang terbatas, soal melajang dikupas tuntas secara apik, ringan tapi mendalam. Mulai dari fenomena melajang yang akhir-akhir ini marak terutama di kota-kota besar, hingga untung-ruginya jika melajang. Semuanya dibahas dari berbagai sudut pandang; psikologi, sosial-ekonomi, budaya dan tentu tinjauan agama Islam. Dilengkapi dengan perbendaharaan dari pendapat para ahli, tokoh, ilmuwan dalam dan luar negeri.

Berikutnya, para pembaca disuguhi berbagai pedoman dan wawasan seputar dunia pernikahan; meliputi macam-macam nikah, hukum menikah, wanita yang haram dinikahi sampai pada berbagai manfaat menikah itu sendiri. Dijelaskan secara jelas dan gamblang, disertai dalil-dalil yang kuat dari Al Qur’an dan Sunnah. Sehingga diharapkan para jomblo yang telah memutuskan untuk segera menikah, memiliki pegangan dan dasar untuk menapaki kehidupan barunya.

Kelebihan lain dari buku ini adalah kita diberikan berbagai tips untuk menggaet pasangan yang kita idam-idamkan sesuai syariat Islam. Bahwa ternyata memilih pasangan hidup tidaklah sesulit dan serumit yang kita pikirkan dan kita bayangkan. Selain itu, ada pula beberapa ikhtiar yang mesti kita lakukan untuk memikat hati wanita; yang dalam bukunya disebut sebagai ciri-ciri Mr. Right. Sebaliknya, dalam buku ini pula dikemukakan berbagai tipe cowok yang sangat dibenci wanita.

Di akhir tulisan, penulis hendak menyampaikan pesan utama bahwa menikah itu mudah, tidak serumit sebagaimana diyakini oleh kebanyakan pria lajang. Di sini disampaikan apa saja yang perlu dipersiapkan jika seseorang hendak menikah sekaligus tahapan-tahapan menikah itu sendiri. Dan tak kalah menarik, disisipkan pula beberapa pengalaman atau kesaksian para jomblo dalam menjalani masa lajang maupun ketika menemukan pasangan hidupnya.

Sesuai dengan judul bukunya, tulisan dalam buku ini hendak mengarahkan para pembacanya (terutama yang masih jomblo) untuk menjadi Mr. Right yang “high quality“. Walau memberikan pilihan-pilihan, sepertinya penulis berusaha menuntun para jomblo untuk mengikuti sunnah nabi-jalan hidup Rasulullah, yaitu menjalani kehidupan sesuai fitrah demi tercapainya kebahagiaan dunia dan akhirat. Main goal = para jomblo segera bertobat!:)

Buku ini dikemas secara ringan dan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna. Namun, sepertinya penulis “sedikit” terjebak antara menjadikan buku ini buku populer remaja yang menggunakan bahasa “gaul” dengan buku bernuansa Islami yang santun, etis, dan terjaga; yang sekaligus merupakan kekurangan dari buku ini. Salah satu contoh misalnya, pada beberapa tempat, kata-kata cowok terkadang disebut pria, laki-laki, atau bahkan ikhwan.

Terlepas dari semua itu, buku ini sepertinya tidak hanya wajib dimiliki oleh cowok, tapi oleh cewek yang masih melajang; bahkan cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan dan lapisan, baik bagi kaum muda yang belum dan sudah menikah maupun para orang tua yang memiliki anak yang telah dewasa dan siap menikah.

So, para jomblowan-jomblowati, rugi bila sampai melewatkan buku renyah dan enak dikunyah ini! Nantikan bedah bukunya di Rumah Cahaya Depok dalam waktu dekat.

*) Wiraswasta, Mantan ketua Forum Lingkar Pena Depok dan kini Humas FLP Wilayah Jakarta Raya dan sekarang sedang jomblo juga.

Catatan: Buku ini diterbitkan secara indie (independen), dicetak dengan sistem Print On Demand (berdasarkan permintaan). Untuk pemesanan, melalui SMS ke 085694771764 (Dani) dengan format : Nama/Alamat Lengkap/Judul Buku yg dipesan/Jumlah pembelian. Lalu Indiepro akan memberitahukan besarnya ongkos kirim.
Kemudian Anda dapat mentransfer uang pembelian dan Ongkos kirim ke no. rekening berikut ini :
BCA no 0080346719 an Endah Widayati atau
BSM no 6007006333 an Dani Ardiansyah

Jangan lupa untuk mengkonfirmasikan ke no. HP tersebut di atas bahwa Anda sudah melakukan transfer, dan buku akan segera dikirimkan.

Tautan Indiepro: http://www.pro.indie-publishing.com/archives/407

5 Komentar

  1. Irfan

    Resensinya menjiwai dari seorang yg sedang jomlo juga…

    Buku yg menarik, kayaknya cocok nih buat ane yg masih jomlo.

    • Terima kasih, Mas Irfan, atas apresiasinya. Yup, memang cocok sekali untuk Anda. Silakan pesan ya:). Cara pemesanan ada kok di tulisan di atas.

      Terima kasih.

  2. wietyaz

    menurut saya,
    mungkin… pembatasan “for men”,, membuat wanita sedikit “jiper” utk beli buku ini yaa?? (berbau gender soal’e).
    Namun,,
    setelah membaca resensi ini siih.. penasaran juga untuk membeli..
    sedang pemilihan kata yang beragam utk laki-laki,, baik cowok, laki-laki, pria atau ikhwan, selain bertujuan untuk merengkuh pembaca “ABG” yg kurang menyukai bahasa kaku (sst.. krn saya suka gaya dakwah ini..). Tapi.. klw dr sisi kebahasaan.. saya yakin.. penulis mempunyai “makna” lain atas pemilihan itu.
    heu3x..
    bener ga Bang??🙂

    • Terima kasih atas apresiasinya, Mbak Tyas. Ya, awalnya naskah buku ini diperuntukkan kepada kaum lelaki. Namun, isinya sangat cocok diketahui oleh kaum Hawa yang pingin tahu tentang isi pikiran kaum Adam:). Alhasil, ini buku yang cocok untuk semua,seperti testimoni Pak Yohannes di cover belakang buku ini.

      Tentang pilihan kata yang beragam memang ada pertimbangan tersendiri sebetulnya. Salah satunya menghindari gaya yang monoton, juga variasi kata. Meski memang bisa terkesan tidak konsisten. Dan saya angkat jempol untuk kejelian peresensi dalam hal ini.

Trackbacks

  1. Lomba Resensi Buku “Kamus High Quality Jomblo” « Nursalam AR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: